Selamat Datang

di Website Resmi Humas Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Penjabat Sekda, Iskandar Datau Menerima Piagam dan Penghargaan dari Ditjen Perbendaharaan Kantor Wilayah Provinsi Gorontalo

Dokumen Humas Pohuwato

HUMAS.POHUWATO-Bertempat di ruang kerja Sekda, Rabu, (18/11/2020) Plt Kepala Kantor Ditjen Perbendaharaan Kantor Wilayah Provinsi Gorontalo, Iwan Handoko menyerahkan beberapa piagam dan penghargaan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato yang diterima Penjabat Sekda, Iskandar Datau yang didampingi Assisten Kesra, Hamka Nento, Kabag Tapem, Heriyanto Uwete, dan Kabid Aset BKD Pohuwato, Hasmin Koem.  

Penghargaan tersebut terdiri atas penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia yang diberikan atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2019 dengan capaian Opini WTP.

Kemudian penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Pohuwato atas capaian Opini WTP 5 kali berturut-turut untuk laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2015 sampai dengan 2019.

Selanjutnya diserahkan pula penganugerahan Treasury Award yakni terbaik pertama pengelolaan keuangan daerah, terbaik pertama pemerintah daerah pengelola DAK Fisik, dan terbaik kedua laporan keuangan pemerintah daerah. 

Juga pada kegiatan tersebut dilakukan penandatanganan MOU antara Pemda Pohuwato dengan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kantor Wilayah Provinsi Gorontalo tentang pelaksanaan rekonsiliasi keuangan kas yang optimal (SiREKAM) yang dilakukan oleh Plt Kepala Kantor Ditjen Perbendaharaan Kantor Wilayah Provinsi Gorontalo, Iwan Handoko dan Penjabat Sekda, Iskandar Datau.

Atas nama pemerintah daerah, Penjabat Sekda menyampaikan terima kasih atas penilaiannya, karena dari beberapa item yang disampaikan alhamudlillah pohuwato mendapat penilaian yang terbaik.

“Kami sesungguhnya bukan bertujuan untuk pengharagan tapi bagaimana kinerja pengelolaan keuangan itu semakin hari semakin baik. Terkait dengan hasilnya atau mendapat penghargaan, alhamdulillah bahwa itu adalah hasil lain, karena kami berusaha melakukan yang terbaik dan selalu belajar untuk memperbaiki terkait pengelolaan keuangan ini”,jelas Penjabat Sekda, Iskandar Datau.

Sementara itu, Plt Kepala Kantor Ditjen Perbendaharaan Kantor Wilayah Provinsi Gorontalo, Iwan Handoko menjelaskan, dari penilaian kami pohuwato memperoleh beberapa penghargaan. Ini merupakan hal yang membanggakan karena mendapatkan 3 penghargaan dari Treasury Award tersebut.

Penilaian yang dilakukan secara objektif ini memberikan gambaran bahwa pemda pohuwato kinerjanya memang benar-benar bisa diandalkan baik itu terkait kinerja pengelolaan keuangan dan juga pelaporan keuangan pemda dan lain sebagainya.

Disisi lain kata Iwan Handoko, terkait penghargaan dari pemerintah pusat terutama yang berkaitan dengan WTP kemudian WTP 5 kali berturtu-turut kami tentu sangat bangga, meskipun lebih dari lima kali mendapat Opini WTP.

“Ya, memang penghargaan dari pusat itu kriterianya lima kali meskipun sudah lebih dari 5 kali. Tapi hal itu merupakan hal yang membanggakan bagi pemda pohuwato untuk mencapai capaian WTP 5 kali berturut-turut atau lebih. Kalau pelaksanaan pemberian penghargaan secara virtual memang sudah dilaksanakan seperti WTP dilasksanakan pada September pada rakornas akuntansi demikian pula denganTreasury Award kita laksanakan pada awal November. Semoga apa yang disampaikan ini bisa memberikan pemicu atau semangat untuk pemerintah daerah pohuwato dalam mempertahankan maupun meningkatkan prestasi pengelolaan keuangan”,pungkasnya Iwan Handoko.

Ditambahkannya, penghargaan ini merupakan upaya, kerja keras dan kerja ikhlas serta kesungguhan dari bupati pohuwato beserta jajaranya untuk melakukan pengelolaan keuangan dan APBD secara baik dan bisa dipertanggungjawabkan dan juga sampai akhirnya bisa memperoleh beberapa penghargaan ini. Olehnya sekali lagi ucapan selamat atas kerja keras dari bupati pohuwato beserta jajaranya.(IK)