Selamat Datang

di Website Resmi Humas Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

LKKS Peduli Sambangi Lansia di Torosiaje dan Lemito

Dokumen Humas Pohuwato

HUMAS.POHUWATO-Lembaga koordinasi kesejahteraan sosial (LKKS) Kabupaten Pohuwato yang diketuai oleh Ketua Umum, Jeanette Puspa Dewi Mbuinga Kilapong yang didampingi Sekretaris LKKS, Ramayani Nento Rabu, (25/11/2020) menggelar LKKS Peduli di kecamatan popayato dan lemito. Diawali dari Desa Torosiaje Kecamatan Popayato LKKS berkunjung ke kediaman Nono Tumbo. Lansia 75 tahun itu menghidupi dua anak dan satu cucu yang sudah dewasa.

Melihat kondisi dari ibu kelahiran 1945 memang sudah tidak mampu lagi karena faktor usia, akan tetapi dengan kondisi anak dan cucu yang dalam pengawasan pihak Dinas Kesehatan karena memiliki penyakit kejiwaan ringan atau menghampiri ODGJ.

Belum lagi dengan kondisi yang sudah tua, memaksakan ibu Nono harus bisa mencari nafkah. Hal lainnya adalah tempat tinggal yang sudah tidak layak ditambah lagi terpisah dengan rumah penduduk lainnya atau tidak sejalur, sehingga ketika mau ke kantor desa torosiaje dan ke darat harus dilalui dengan perahu.

Kondisi tersebut oleh LKKS bersama Dinas Perkim dan Puskesmas Popayato melihat langsung dan memberikan bantuan. Adapun bantuan dari LKKS berupa perlengkapan rumah tangga, alat-alat dapur, dan sembako. Tempat tinggal yang tidak layak ditempati tersebut maka Kadis Perkim, Anwar Sadat menurunkan staf melihat apa-apa saja yang akan direhab dan juga akan ada bantuan jamban untuk daerah laut. Jamban septcik individual Insya Allah dua minggu kedepan akan sampai.  

Menurut Sekretaris LKKS, Ramayani Nento, sebenarnya ada 5 unit jamban septic tersebut yang salah satunya diberikan kepada ibu Nono, sisanya yang 4 akan di verifikasi oleh LKKS mana yang pantas mendapat bantuan itu.

Kaitan dengan kondisi anak dan cucu dari Nono Tumbo, LKKS akan melibatkan puskesmas popayato. Olehnya ibu bupati selaku ketua umum LKKS memberikan penguatan kepada kepala puskesmas untuk memperhatikan angota keluarga dari ibu Nono tersebut.

Selanjutnya di kecamatan lemito tepatnya di desa lemito, LKKS menemui Hani Pantane. Ibu kelahiran 1946 ini sudah tidak mampu lagi dan tinggal bersama anaknya. Oleh LKKS diberikan bantuan yang sama berupa perlengkapan rumah tangga, alat-alat dapur, dan sembako. Sementara mengenai tempat tinggal yangg sudha tidak layak huni itu akan diusahakan oleh LKKS kepada Dinas Perkim untuk bisa direhab juga pada 2020 ini.

Sekretaris LKKS Pohuwato, Ramayani Nento menjelaskan bahwa LKKS Pohuwato Ketua Umumnya Jeanette Puspa Dewi Kilapong atau ibu bupati, WakilkKetua umum, Ratnawaty Tulie atau ibu Wabup, Ketua Harian, Rusmiyati Pakaya. Sementara itu pelindung, Bupati, Wabup, Ketua DPRD dan pengarah Kadis Sosial. LKKS ini merupakan lembaga usulan dari Dinas Sosial sehingga Kadis Sosial tetap terlibat dalam progam ini.

Terakhir kata Ramayani, sejak dibentuk pada awal 2018 dan aksis pada 2020 diantaranya bantuan yang dilakukan oleh LKKS berupa penguatan lembaga kesejahteraan sosial anak di popayato dan lemito, juga bantuan penerima pemanjat kelapa yang mengalami kecelakaan pada saat melakukan propesinya, pemberian layanan konseling bagi anak jalanan, bimbingan kepada anak-anak terlantar, dan disetiap kegiatan Dinas Sosial LKKS ikut bersama di dalamnya.(IK)