Selamat Datang

di Website Resmi Humas Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Pemda Pohuwato dan DPRD Gelar Rapat Penetapan Hari Jadi Pohuwato

Dokumen Humas Pohuwato

HUMAS.POHUWATO-Pemda pohuwato bersama DPRD pohuwato saat ini tengah membahas hari jadi kabupaten pohuwato yang setiap tahun atau sejak 2003 hingga 2020 diperingati setiap 6 Mei. Olehnya Senin, (11/1/2021) di ruang rapat DPRD digelar rapat dalam rangka pembahasan rancangan perda terkait dengan penetapan hari jadi kabupaten pohuwato yang dihadiri Wakil Bupati Amin, Supratman Nento selaku Kadis Kominfo, Arman Mohamad, Camat Paguat yang juga perwakilan masyarakat paguat, kadis pariwisata, dan kabag hukum setda pohuwato.  

Dikatakan Wabup Amin, saat ini akan dibuat perda tentang perubahan hari jadi pohuwato yang selama ini selalu kita peringati pada 6 Mei, dan rencana akan dirubah pada 25 Februari sebagaimana pohuwato disahkan. “Kilas balik tentangg perjalan pohuwato ini memang sangat memakan waktu.

“Ia, bahkan saya sendiri yang membuat draf pemekaran pohuwato ini waktu saya masih kabag tapem di boalemo. Memang waktu itu cukup dipolemikan tentang penbentukan pohuwato ini. Alhamdulillah, perjuangan yang cukup ketat ini akhirnya juga demi untuk menggagas stabilitas daerah, disepakatilah pohuwato menjadi daerah otonom yang dimekarkan pada 25 Februari”,kenang wabup.

Tapi menurut Wabup Amin, memang pada awal penetapan ini dilihat dari sisi de facto dan tidak melihat sisi de jure. Karena memang situasi saat itu, kegembiraan dengan terbentuknya pohuwato sehingga tidak terfikirkan, yang penting sudah jadi dulu kabupatennya.

Akan tetapi pada ranperda ini jangan lupa nilai historisnya yang banyak diketahui antaranya oleh Camat Paguat, Arman Mohamad. Karena berbicara pohuwato sudah ada nama ini dari zaman dahulu masih masa penjajahan. Untuk itu libatkan orang-orang yang tahu sejarah daerah ini sampai terbentuknya pada 2003.

Terakhir, dengan ditetapkannya pohuwato pada pada 25 Februari 2003, dan adanya inisiatif untuk merubah hari jadi ini, maka selaku pemerintah daerah, Wabup Amin sangat berterima kasih, semoga cepat selesai dan menjadi peraturan daerah, karena saat ini memasuki pertengan januari yang berarti tidak lama lagi bulan Februari. Artinya, pada 25 Februari nanti kita mulai peringatan HUT Pohuwato yang untuk seterusnya kita peringati pada 25 Februari dan bukan lagi 6 Mei.(IK)

Penullis;Iwan Karim

Editor:Sadrin Hasan