Selamat Datang

di Website Resmi Humas Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Road Show Pemda di Kecamatan-Kecamatan, Plt. Kadis Kesehatan Sampaikan Tujuan Vaksinasi Covid-19

Dokumen Humas Pohuwato

HUMAS.POHUWATO-Pemda pohuwato saat ini giat melakukan sosialisasi vaksinasi covid-19 di seluruh kecamatan pada kegiatan road show. Meski pohuwato belum mendapat jatah vaksin dari pemerintah, tapi daerah paling ujung barat provinsi gorontalo ini telah memulai sosialisasi dengan tujuan agar masyarakat bisa mengetahui seperti apa vaksin yang dimaksud oleh pemerintah.

Plt, Kadis Kesehatan, dr. Syahrawanti Abbas mengambil bagian melakukan sosialisasi disetiap pertemuan di kecamatan-kecamatan. Dijelaskannya, vaksinasi adalah pemberian vaksin yang khusus diberikan dalam menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga apabila suatu saat terpapar dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan dan tidak menjadi sumber penularan.

“Vaksin itu disuntikkan, yang disuntik itu adalah bakteri atau virus yang dilemahkan atau dimatikan, disuntikkan dalam tubuh yang intinya membentuk kekebalan dalam tubuh”,ujarnya.

Kemudian lanjut Syahrawanty, sasaran vaksi adalan usia 18-58 tahun. Mengapa? karena setelah dipelajari ternyata kelompok  umur 18 sampai 58 adalah kelompok yang paling banyak terpapar covid-19. “Ya, dua kali penyuntikan vaksin, misal hari ini saya disuntik, 14 hari kemudian disuntik lagi dengan vaksin itu”,ungkap Plt. Kadis Kesehatan.

Dijelaskan Syahrawanty Abbas, vaksin sudah berada di gorontalo pada 15 Januari, hanya saja saat ini belum sampai ke pohuwato, kita menunggu berikutnya pada Februari mendatang. Vaksin di Indonesia dua kali peluncuran, tahap I Januari 2021 sampai Maret 2021, dan tahap II dari April 2021 sampai Maret 2022.

Mereka tenaga kesehatan (Nakes) dan penyelenggara pelayanan publik masuk di tahap I, dan masyarakat akan masuk pada tahap II. “Semoga vaksin di pohuwato bisa sampai pada Februari sehingga sudah bisa dilakukan vaksinasi untuk tahap I bagi nakes dan penyelenggara pelayanan publik”,ungkapnya. (Socno)

Penulis:Iswan Abas

Editor:Sadrin Hasan