Selamat Datang

di Website Resmi Humas Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Jadi Lokasi Pelaksanaan Rakor Reformasi Birokrasi, Kabag Ortala Nizma Sanad:Kami Dapat Membandingkan Kekurangan Kami Dengan Kelebihan Dari Kabupaten Kota Lain

Dokumen Humas Pohuwato

HUMAS.POHUWATO-Kabupaten pohuwato menjadi tempat pelaksanaan rapat koordinasi reformasi birokrasi, sinkronisasi strategi dalam percepatan implementasi 8 area perubahan di tingkat pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se-provinsi gorontalo tersebut berlangsung dua hari dari Rabu hingga Kamis.

Penutupan kegiatan yang berlangsung Kamis, (18/3/2021) itu diikuti semua kepala bagian (Kabag) organisasi kabupaten/kota, inspektorat kabupaten/kota, kepala-kepala bagian, biro organisasi dan inspektorat provinsi gorontalo.    

Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Gorontalo, Dr.Ir. Ariyanto Husain, MMT menjelaskan, tujuan dari pada rakor dalam rangka membangun sinergitas dan sinkronisasi kebijakan program kegiatan di dalam mempercepat 8 area perubahan, dan di dalamnya kita mulai dengan melihat kemajuan dari masing-masing kabupaten kota termasuk provinsi  dalam pencapaian 8 area perubahan sekaligus kita melakukan pembelajaran.

“Jadi, masing-masing saling belajar apa kelebihan dan kekurangan masing-masing agar tekat untuk sama-sama memperbaiki indeks dan nilia reformasi birokrasi (RB) bisa kita capai bersama-sama”,jelas Dr. Ariyanto.

Selanjutnya kata Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi, Ariyanto Husain, pada rakor ini kita membangun kesepahaman di dalam fungsi perubahan dari pada biro dan bagian organsiasi. Sebagai biro yang diberikan amanah untuk memfasilitasi reformasi birokrasi maka salah satu yang menonjol adalah bagaimana biro dan bagian bisa menjadi agen perubahan.

“Nah, kalau menjadi agen perubahan, kita bersepakat untuk memulai dari diri sendiri. Jadi, diri sendiri melakukan perubahan kemudian kita tularkan perubahan itu ke OPD yang lain, kepada ASN yang lain, sehingga sama-sama perubahan itu bisa dinikmati sebagai kekuatan dari pemerintahan yang menuju pemerintahan berkelas dunia sebagaimana grand desain dari pada RB tahap ketiga ini di 2019-2024”,pungkasnya.

Sementara itu Kabag organisasi tata laksana (Ortala) Pohuwato, Nizma Sanad menambahkan,rakor ini sangat bermanfaat, menunjang bagi kami dalam hal menindaklanjuti hal-hal yang masih kurang yang ada di kabupaten pohuwato terutama 8 area perubahan.

“Ya, dalam pertemuan ini kami bukan hanya mendapat pembekalan dari provinsi, tapi sesuai dengan paparan dari kabupaten kota pun ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami dapat membandingkan kekurangan kami dengan kelebihan dari kabupaten kota lain”,ungkapnya.

Terakhir, Kabag Ortala Nizma Sanad berharap pada impelemntasinya nanti apa saja dokumen-dokumen yang akan menjadi pendukung 8 area perubahan ini memohon dari biro organisasi provinsi untuk dapat menindaklanjuti dan mengevaluasi kami di kabupaten dalam hal pengiriman dokumen-dokumen ke pemerintah pusat, sehingga dokumen yang kami siapkan dan telah ditindaklanjuti mendapatkan rekomendasi maupun surat persetujuan atas validasi verfikasi dari pemerintah pusat.(IK)

Penulis:Iwan Karim

Editor:Sadrin Hasan