Selamat Datang

di Website Resmi Humas Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Pemerintah Daerah sosialisasikan Transaksi E-POST dan TMD berbasis Online kepada pemilik restoran, rumah makan dan cafe

Dokumen Humas Pohuwato

HUMAS.POHUWATO - kegiatan Evaluasi dan Monitoring dan Sosialisasi Penggunaan alat Perekam Transaksi E-POST dan TMD kepada pemilik restoran, rumah makan dan cafe Sebagai wajib pajak di hadiri Oleh Wakil Bupati, Kepala BKD, Pimpinan Cabang Bank Sulutgo Marisa serta para pemilik restoran, rumah makan dan cafe yang berlangsung di cafe Oma Marisa, Selasa 6/4/2021.

Pajak merupakan Bentuk partisipasi warga negara dalam pembangunan, sudah diatur dengan undang-undang No 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah, yang telah di jabarkan dalam peraturan daerah No 7 tahun 2011 tentang pajak daerah.

Peran pajak daerah dalam pembangunan sangat besar, banyaknya masyarakat yang belum taat membayar pajak di sebabkan minimnya pajak. Pajak memiliki manfaat yang sangat besar dalam pembangunan daerah ini, antaranya pembangunan infrastruktur di daerah jelas Wabup Suharsi Igirisa.

Saat ini Khususnya untuk peningkatan penerimaan daerah menjadi salah satu program yang didorong dan di awasi oleh komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia sejak tahun 2019 yang sudah ditindaklanjuti dengan adanya perjanjian kerja sama antara Pemerintah daerah dengan instansi terkait.

Di antaranya dengan Bank Pembangunan daerah yakni Bank Sulutgo yang telah diimplementasikan dalam pemasangan alat perekam transaksi online secara bertahap, pemasangan alat perekam transaksi ini merupakan salah satu langkah Pemerintah.

Untuk mengoptimalisasi pendapatan asli daerah (PAD) dan meminimalisir praktek Korupsi serta mewujudkan Transparansi pengelolaan PAD, dengan menggunakan aplikasi dan alat perekam transaksi ini nantinya setiap kali melakukan transaksi akan langsung terekam dan terbaca pada Badan keuangan daerah, ungkapnya.

Terakhir kami selaku Pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada Mitra Pemerintah daerah Bank Sulutgo yang telah mendukung Pemerintah daerah dalam rangka mengoptimalkan penerimaan pajak dengan menyediakan alat perekam transaksi dan aplikasi E-POS. Mari kita bergandeng tangan untuk membangun daerah kita tercinta dengan taat membayar pajak. (SN)

Penulis : Stepon Habi

Editor : Sadrin Hasan