Selamat Datang

di Website Resmi Humas Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Di Rudis Bupati, Pemangku Adat Gelar Adat Tingohu U Lipu

Dokumen Humas Pohuwato

HUMAS.POHUWATO-Pemangku adat pohuwato menggelar kegiatan mopodungga tingohu u lipu di rumah jabatan bupati, Rabu, (12/5/2021). Proses adat tersebut dimulai setelah salat magrib, dalam adat gorontalo sebelum dimulainya handalo atau tingohu di masjid-masjid di awali dari rumah jabatan atau yiladiya bupati.

Mopodungga tingohu pertanda akan memasuki 1 syawal 1442 dan juga adalah dalam rangka hari raya idul fitri yang akan dilaksanakan besok hari.

Dalam proses adat tersebut diawali dari maklumat oleh Bate lo Pohuwato, Bani Imran Kaluku bersama Wu’u Pohuwato, Asmad N. Tuna kepada tauwa lo u lipu atau kepada Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga.

Pemaklumat itu ditandai pula dengan gendangan atau handalo u lipu oleh petugas atau pemangku adat dan selanjutnya Kadi Pohuwato, KH. Ahmad Saleh mengumandangkan takbiran. Prosesi itu juga dihadiri oleh Kakan Kemenag Pohuwato, Ust. Fahri Djafar dan Hakimu Pohuwato, Ust. Saiful Sabu.  

Selanjutnya prosesi adat diakhiri dengan doa serta mongabi atau pertanda selesainya proses adat tersebut.

Dikonfirmasi, Bupati Saipul Mbuinga menjelaskan bahwa tingohu u lipu adalah sebuah proses adat gorontalo. Sebenarnya pada Selasa malam kemarin telah dilaksanakan adat tonhggeyamo penentuan 1 Syawal 1442 H.

Oleh karena hari raya idul fitri atau 1 Syawal jatuh pada kamis maka pada hari ini (Rabu) digelar lagi adat berupa tingohu u lipu yang dalam proses adat adalah pertanda akan dikumandangkannya takbir di tingkat kabupaten dan selanjutnya akan disampaikan atau diikuti oleh 13 kecamatan yang ada di pohuwato.

Artinya, masjid-masjid yang ada di pohuwato akan mengumandangkan takbir, tahlil, dan tahmit.

Olehnya selaku pemerintah daerah, Bupati Saipul mengucapkan selamat merayakan hari raya idul fitri 1 Syawal 1442 H bagi seluruh umat muslim di kabupaten pohuwato. Mari kita laksanakan salat idul fitri dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.(IK)

Penulis:Iwan Karim

Editor:Sadrin Hasan