Selamat Datang

di Website Resmi Humas Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

26 Desa Ikut Lomba Kampung KB, Rusmiyati: Kami Harap Desa Terus Dipercantik Setiap Saat

Dokumen Humas Pohuwato

HUMAS.POHUWATO-Menjadikan desa bersih, cantik dan elok dipandang adalah harapan bersama, kehadiran dari kampung KB diharapkan member banyak manfaat, berupa bagaimana stunting dapat diturunkan, angka kematian ibu dan bayi dapat ditekan, lingkungan bersih dan sehat, menurunkan presentase tingkat KDRT yang semua itu berujung pada terciptanya keluarga kecil yang berkualitas.

Dalam memeriahkan hari keluarga nasional (Harganas) tahun 2021, pemda pohuwato melalui DP3AP2KB menggelar lomba kampong KB. Hal dimaksud menjadi motivasi bagi lokasi kampung KB di 26 desa di 13 kecamatan yang ada di kabupaten pohuwato.

Plt. Kepala DP3AP2KB, Rusmiyati Pakaya menjelaskan, jauh hari pada 2020 persiapan sudah dilakukan, dan pada awal Januari 2021 sudah harus ada langkah-langkah pembenahan, berupa pembenahan fisik desa, tampilan desa maupun pembenahan terhadap data.

Dengan program ini diharapkan dapat merubah wajah desa sampai pada perayaan hari patriotik 17 Agustus depan. “Kami harap desa itu terus cantik setiap saat, jangan nanti ada lomba baru berbenah. Kami minta dibenah dari awal sampai akhir tahun”,harapnya.

Lanjut Rusmiyati, awalnya progam ini hanya ada 1 desa di satu kabupaten, berkembang menjadi 1 kecamatan satu desa, dan di 2020 ini menjadi 2 desa tiap kecamatan, sehingga di pohuwato ada 26 desa dari 13 kecamatan yang akan mengikuti lomba tersebut.

Kemudian, pada technical meeting ini akan disepakati kapan penilaian akan dilaksanakan dan kapan akan diumumkan pemenangnya, apa pada puncak harganas 29 Juni mendatang atau nanti pada hari patriotik 17 Agustus. Semua menunggu keputusan dari technical meeting, tapi ivennya serangkaian dengan peringatan hari keluarga nasional (Harganas) tahun 2021.

Ditambahkan ibu Ojon sapaan Rusmiyati Pakaya, dalam waktu dekat akan ada tim yang menilai, tim tersebut melibatkan dinas kesehatan, PMD, DP3AP2KB dan TP.PKK Pohuwato. Olehnya kesiapan dari 26 desa sangat diharapkan demi suksesnya pelaksanaan lomba dalam mendukung program pengendalian penduduk dan keluarga berencana.(IK)

Penulis:Iwan Karim

Editor:Sadrin Hasan