Selamat Datang

di Website Resmi Humas Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Pola penerapan PPKM di Pohuwato di intip Pemerintah Gorontalo

Dokumen Humas Pohuwato

HUMAS POHUWATO Pola Penerapan PPKM di Pohuwato di intip Pemkab Gorontalo

 Pola penerapan penanganan wabah covid-19 di Kabupaten Pohuwato seperti proses Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di 13 Kecamatan dan di masing-masing Desa, dilirik Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Setidaknya hal ini dibuktikan dengan kedatangan para rombongan pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Camat Limboto Guntur Pakaya yang disambut dan diterima langsung oleh Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Pohuwato Rusmiati Pakaya dan Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Pohuwato, Ramon Abdjul, di Ruang Pola Bupati, Jum'at (16/07/2021).

Perjalanan Camat, para Kades dan Lurah yang dikemas dalam perjalanan studi banding (stuban) ini secara khusus untuk melihat, belajar sekaligus mengintip langsung penanganan wabah Covid-19 dan proses Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dinilai patut dan layak untuk dicontoh.

Sekretaris Satgas Covid-19 Pohuwato, Ramon Abdjul mengatakan, tujuan daripada Pemerintah Kecamatan Limboto memilih Kabupaten Pohuwato sebagai tempat stuban. "Mereka ingin meniru bagaimana penerapan kebijakan tindakan pemerintah daerah Pohuwato terkait penanganan Covid-19, karena mereka lihat memang trend penyebaran covid di Pohuwato ini sejak dari dulu itu dibawah standar", kata Ramon Abdjul saat diwawancarai usai kegiatan.

Atas kunjungan tersebut, Ramon Abdjul mengungkapkan, bahwa tentunya ini adalah sebuah kebanggaan bagi pihaknya. "Kendati Pohuwato junior, namun alasan itu mereka kesini dan kita sudah jelaskan kebijakan kita sejak tahun 2020, kita sudah melaksanakan PSBB secara ketat, mulai dari penutupan perbatasan wilayah barat antar provinsi dan antar daerah, termasuk jalur pelabuhan, sungai dan semua kegiatan masyarakat kita lock Down", tutur Ramon Abdjul.

Tetapi seiring dengan itu, kata Ramon, pemerintah daerah sejak awal tahun 2020 rutin memberikan bantuan logistik kepada masyarakat sebagai bentuk upaya untuk meringankan beban saat tengah menghadapi lock down di kabupaten Pohuwato.  

Ramon Abdjul yang juga merupakan Kepala BPBD Pohuwato mengajak pemkab gorontalo, dalam hal ini camat, kepala desa dan lurah, untuk bersama-sama berjuang saling bahu membahu menuntaskan masalah Covid-19 di Provinsi Gorontalo umumnya dan khususnya dimasing-masing daerah.

"Semoga sharing ini bisa membawa manfaat di masing-masing daerah terutama penanganan Covid-19. Oleh sebab itu, mereka datang kesini walaupun kita daerah junior mereka datang kesini untuk menimba ilmu, bagaimana strategi pemerintah, yang mana Kabupaten Pohuwato dianggap berhasil dalam hal penerapan penanganan Covid-19", tutur Ramon. 

Penulis : Stepon Habi 

Editor : Sadrin Hasan