Selamat Datang

di Website Resmi Humas Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Asisten Bidang Perekonomian, Rusmiyati Pakaya : Alhamdulilah capaian vaksinasi di Pohuwato menunjukan progres yang cukup baik

Dokumen Humas Pohuwato

PROKOPIM.POHUWATO - Ribuan masyarakat Kecamatan Paguat dan Kecamatan Dengilo kembali mendapat sentuan bantuan dari Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, bertempat di aula kelurahan pentadu Kamis (4/11/2021) Bantuan stimulus ini disalurkan dengan tujuan untuk membantu masyarakat yang kesulitan ekonominya di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

"Yang saya berikan ini adalah stimulasi untuk warga untuk membantu bapak ibu sekalian yang kesulitan membeli bahan makanan. Di Kecamatan Paguat itu 1.303 KK, dan di Dengilo 175 KK, yang datang hanya perwakilan dan untuk yang lainnya akan di salurkan langsung ke rumah masing-masing. Ini dilakukan agar tidak ada kerumunan," kata Gubernur.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Pohuwato, Asisten Bidang Perekonomian, Rusmiyati Pakaya menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Rusli Habibie. Dirinya juga memastikan bahwa seluruh penerima bantuan ini sudah divaksin.

"Kenapa demikian karena semua kita tahu bahwa vaksin manfaatnya tidak hanya untuk pemenuhan kewajiban karena ini program pemerintah. Tetapi lebih pada bagaimana kita secara mandiri dan secara sadar datang ke tempat vaksin dalam rangka menjaga kesehatan kita, sayang kepada keluarga dan tentunya pada akhirnya menciptakan Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo yang sehat," kata Rusmiyati.

lanjutnya, Pohuwato saat ini kata Rusmiyati, menunjukan progres yang cukup baik untuk proses vaksinasi. "Walaupun di dalam aplikasi masih ada di posisi keenam kabupaten/kota. Tetapi secara manual kami sekarang memang ada beberapa tempat yang sulit akses internetnya oleh tenaga medis dilayani dengan didata dulu secara manual. Nanti setelah mereka pulang dari tempat pelayanan baru tiba di tempat yang ada signalnya mereka melaporkan ini, sehingga agak terlambat ketika dibaca oleh aplikasi," jelasnya.

Berbagai upaya dilakukan pemerintah daerah, dalam mempercepat cakupan vaksinasi. Termasuk dengan melibatkan berbagai pihak, salah satunya yakni Bank Indonesia.

"Dimana Kabupaten Pohuwato beroleh kehormatan dari Bank Indonesia, Kepala Bank Indonesia (BI) akan meresmikan salah satu rumah produksi yang dibangun oleh Bank Indonesia, membantu masyarakat pengolah kelapa. Alhamdulillah di Pohuwato ada 4 kelompok. Besok mereka akan meresmikan tetapi kami memohon kepada pihak BI untuk melaksanakan gebyar vaksin, dan ini mereka menjawab dengan baik. Jadi setelah meresmikan akan ada gebyar vaksin yang dimediasi oleh BI," tambahnya.

"Jadi berbagai pihak kami libatkan dalam suksesnya pelaksanaan vaksin di Pohuwato karena masyarakat kita masih sangat membutuhkan itu semua kita tahun bahwa pertumbuhan ekonomi melambat akibat pandemi. Walaupun aktifitas ekonomi sudah dibuka tetapi untuk langsung menaikkan pertumbuhan ekonomi itu masih butuh proses. Maka masyarakat masih sangat membutuhkan bantuan sebagaimana yang dibawa oleh pak Gubernur saat ini," pungkas Rusmiyati. (RS)

Penulis : Razak Supu

Editor : Sadrin Hasan